Harga.info – Beberapa harga keperluan pokok, seperti beras, daging ayam ras, serta telur di pasar tradisionil di lokasi Malang raya mendekati perayaan Natal 2017 serta Th. Baru 2018, mulai sejak sekian hari paling akhir ini mulai naik.

Harga Kebutuhan Pokok di Malang Naik
Harga Kebutuhan Pokok di Malang Naik

Di Pasar tradisionil Dinoyo umpamanya, pada akhir minggu ini, Sabtu (23/12), harga cabai rawit menjangkau Rp 44 ribu sampai Rp 45 ribu per kg, beras kwalitas medium seharga Rp 10. 500-Rp 11. 000/kg, telur seharga Rp 25 ribu sampai Rp 26 ribu per kg, serta daging ayam ras seharga Rp 30 ribu sampai Rp 31 ribu per kg.

” Kenaikan harga ini, khusunya cabai rawit tidak terduga, sebab tempo hari (Jumat, 22/12) masih tetap di seharga Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kg. Bila beras, telur serta daging ayam ras kenaikannya telah mulai sejak sekian hari lantas, ” kata salah seseorang pedagang di Pasar Dinoyo, Riyanto di Malang, Jawa Timur, Sabtu (23/12).

Menurutnya, naiknya harga beberapa komoditas pangan itu, terkecuali karna hasil panen yang alami penurunan, terutama cabai rawit karena cuaca yg tidak mensupport, juga mendekati perayaan Hari natal 2017 serta Th. Baru 2018. Keadaan ini jadi siklus tahunan, seperti Idul Fitri.

Pedagang yang lain, Rokayah menyebutkan harga beras mulai tampak menggeliat naik mulai sejak sekian hari kemarin. ” Bila kata distributornya, kenaikan harga beras ini dipicu oleh stock beras di tingkat petani alami masalah karena cuaca berlebihan, ” katanya.

Karena hujan deras yang terus-terusan mengguyur lokasi Malang raya, lanjutnya, petani tidak dapat menjemur gabahnya yang efeknya gabah tidak dapat digiling, hingga stock beras di tingkat penggilingan turun. ” Pada akhirnya distributor juga tidak dapat jual beras petani, ” ucapnya.

Sesungguhnya, pemerintah daerah, baik di Kota ataupun Kabupaten Malang sudah mengadakan operasi pasar keperluan pokok, terutama beras, gula serta minyak goreng. Walau demikian, operasi pasar itu tidak dapat menahan laju kenaikan harga sembako.

Bahkan juga, bukan sekedar beras, gula serta minyak saja yang terimbas kenaikan harga. Beberapa komoditas pokok yang lain juga turut naik, termasuk juga ikan laut, baik yang masih tetap fresh ataupun yang telah dipindang.

Disamping itu, data dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura serta Perkebunan (TPHP) Kabupaten Malang, produksi beras petani di lokasi itu pada th. ini masih tetap surplus sampai beberapa puluh ribu ton sesudah dikurangi untuk mengkonsumsi orang-orang setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *