Definisi: Executive search berhubungan dengan pencarian calon potensial untuk posisi tingkat tinggi dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Berbagai metode untuk merekrut eksekutif tingkat senior seperti memasang lowongan pekerjaan di papan loker atau dengan memasang iklan dianggap ketinggalan jaman. Oleh karena itu, kini perusahaan cenderung menggunakan perusahaan pencari eksekutif untuk merekrut calon tersebut dari luar perusahaan.

Proses: Perusahaan atau organisasi yang menggunakan jasa executive recruitment harus memberikan penjelasan rinci tentang kandidat yang diinginkan. Deskripsi ini harus mencakup rincian kualifikasi serta pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam seorang kandidat. Pencarian kandidat yang “layak” dimulai dengan pencarian via database secara mendalam untuk para profesional dengan keterampilan yang dibutuhkan. Mereka menginformasikan kandidat yang memenuhi syarat tentang lowongan tersebut. Calon-calon ini kemudian diwawancarai. Setelah proses wawancara, headhunter membuat laporan tertulis masing-masing individu yang sudah diinterview untuk kemudian diberikan ke perusahaan klien. Kemudian kandidat terpilih diwawancarai oleh perusahaan klien. Jika kandidat yang tepat ditemukan maka pencarian diakhiri jika tidak dilanjutkan sampai ditemukan kandidat dengan spek yang sesuai.

Jenis: Terutama ada dua jenis perusahaan pencari eksekutif yang dibedakan atas dasar pembayaran. Jenis yang pertama atau dikenal dengan sistem contigency, hanya dibayar ketika mereka menemukan kandidat yang dibutuhkan. Sementara executive search firm dengan sistem retained, dibayar berdasarkan jumlah jam yang dihabiskan oleh mereka dalam proses pencarian dan dibayar terlepas dari apakah mereka menemukan kandidat yang sesuai atau tidak.

executive recruitment

Kontrak terbatas: Klien yang menggunakan konsultan headhunter harus membayar biaya untuk memulai pencarian dengan kontrak yang sudah disetujui. Namun, jika perusahaan pencari eksekutif tidak dapat memenuhi apa yang sudah disetujui di dalam kontrak, maka konsultan bertanggung jawab untuk mengembalikan biaya ke perusahaan klien. Biaya penempatan final biasanya 30 sampai 35 persen dari kompensasi tahun pertama kandidat yang berhasil. Juga, perjanjian pencarian terbatas mencakup tanggal terakhir atau deadline dimana pencarian harus diselesaikan. Artinya, biaya harus dikembalikan ke klien jika perusahaan tidak berhasil dalam merekrut calon potensial sampai dengan tanggal yang ditentukan.

Manfaat: Mempekerjakan perusahaan pencari eksekutif adalah cara yang efisien untuk mendapatkan kandidat terbaik untuk posisi penting dalam manajemen sebuah perusahaan. Mereka memiliki pengalaman dalam menilai keterampilan. Pemasangan iklan kerja tidak cukup untuk mendapatkan kandidat terbaik untuk posisi jenis ini karena kandidat yang sesuai mungkin tidak sedang tertarik untuk mencari pekerjaan baru karena kepuasan mereka terhadap pekerjaan yang sedang berlangsung. Dalam hal ini, perusahaan pencari eksekutif dapat langsung mendekati kandidat potensial dengan karir yang sukses. Mereka bisa melakukan pencarian lebih rahasia dan bisa memberikan rujukan dan pemeriksaan latar belakang secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *