Takoyaki

BACA JUGA : Lampion Jakarta

Takoyaki adalah makanan ringan berbentuk bola Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu dan dimasak dalam panci cetakan khusus. Ini biasanya diisi dengan gurita cincang atau potong dadu (tako), tempura sisa (tenkasu), acar jahe, dan bawang hijau.  Takoyaki disikat dengan saus takoyaki (mirip saus Worcestershire) dan mayones, lalu ditaburi dengan beaver hijau (aonori) dan serutan bonito kering. Ada banyak variasi resep takoyaki, misalnya ponzu (kecap dengan dashi dan cuka jeruk), goma-dare (saus wijen dan cuka) atau dashi vinegared.

Yaki berasal dari “yaku” (? ?) yang merupakan salah satu metode memasak dalam masakan Jepang, yang berarti “menggoreng atau grill”, dan dapat ditemukan dengan nama barang masakan Jepang lainnya seperti okonomiyaki dan ikayaki (Osakan terkenal lainnya piring).

Isi [sembunyikan]
1 Sejarah
2 panci takoyaki
3 Galeri foto
4 Lihat juga
5 Referensi
6 Tautan Eksternal

Sejarah
Takoyaki pertama kali dipopulerkan di Osaka, di mana seorang pedagang kaki lima bernama Tomekichi Endo dikreditkan dengan penemuannya pada tahun 1935. Takoyaki terinspirasi oleh akashiyaki, sebuah pangsit kecil dari kota Akashi di Prefektur Hyogo yang terbuat dari adonan yang kaya telur dan gurita. Takoyaki awalnya populer di wilayah Kansai, dan kemudian menyebar ke wilayah Kanto dan wilayah lain di Jepang. Takoyaki dikaitkan dengan warung makanan jalanan yatai, dan ada banyak restoran khusus takoyaki yang mapan, terutama di wilayah Kansai. Takoyaki sekarang dijual di gerai komersial, seperti supermarket dan toko swalayan 24 jam.

Takoyaki pan
Sebuah panci takoyaki (takoyaki-ki) atau-lebih jarang-takoyaki-nabe (biasanya ) biasanya merupakan wajan yang terbuat dari besi tuang dengan cetakan setengah sferis. [2] Besi berat secara merata memanaskan takoyaki, yang diputar dengan pick selama proses memasak untuk menarik adonan yang belum dimasak ke dasar rongga bulat. Pemanas takoyaki berbahan bakar gas komersial digunakan di festival Jepang atau oleh pedagang kaki lima. Untuk penggunaan di rumah, versi listriknya menyerupai hotplate; Versi stovetop juga tersedia.

BACA JUGA : Lampion Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *