Budidaya Blewah yang menguntungkan

Budidaya Blewah yang menguntungkan

Blewah adalah salah satu tanaman yang menghasilkan buah sejenis dengan buah melon. biasanya dijadikan pelengkap untuk membuat minuman yang segar dari fisiknya berjilbab memiliki bentuk yang berupa dengan labu yang berwarna kuning. Blewah kaya akan manfaat bagi kesehatan diantaranya menurunkan berat badan, menurunkan tingkat tekanan darah, menurunkan kolesterol serta mencegah penyakit jantung dan juga mencegah resiko penyakit kanker.

untuk membudidayakan buah blewah langkah 1 yaitu mempersiapkan bibit tanaman blewah. Bibit buah biasanya dapat diperoleh dinas pertanian. syarat perkembangan dari blewah harus sesuai dengan kondisi di daerah tempat tujuan tersebut akan ditanami. pada prinsipnya tanaman bahwa dapat tumbuh dengan mudah di semua daerah tropis baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

Bibit blewah dapat langsung ditanam di lahan tanam permanen tapi juga bisa dilakukan penyesuaian terlebih dahulu kita tetapi agar lebih baik sebaiknya. blewah ditanam langsung di lahan tanam permanen. Langkah kedua yaitu menyiapkan lahan tanaman blewah pertama lahan tanah digemburkan dahulu menggunakan mesin pembajak atau menggunakan cangkul. kemudian bentuklah tanah dengan ukuran kurang lebih lebar 80 -120 cm dan ketinggian 40 cm. kemudian sebutkan pupuk kandang secara merata. jika tidak ada jerami sisa panen padi pupuk dapat juga ditempatkan diatas tegalan. jika ingin mengurangi tumbuhnya rumput di areal tanam buah blewah maka dapat dipasang platinum bisa didiamkan lahan tanam tersebut selama kurang lebih 1 minggu sebelum mulai ditanami. Selanjutnya yaitu menanam biji tanaman buah blewah biji tanaman reward jika ditanam menggunakan bahan kayu yang diinginkan seperti ketika menanam jagung atau padi di sawah. langkahnya yaitu membuat lubang dengan cara menusukkan kayu potongan tersebut ke dalam tanah dengan jarak 70 X 70 cm antar lubang tanam. jika lahan tanam dilengkapi dengan plastik mulsa sebaiknya sebelum membuat lubang tanam terlebih dahulu membuat lubang pada musa dengan memakai besi bulat yang telah dipanaskan. kemudian masukkan 2 – 3 biji buah blewah ke dalam lubang tanam dan tutuplah lubang tersebut dengan cara menekan tanah yang ada di sekitar lubang dengan perlahan biji buah blewah akan mulai tumbuh memunculkan tengah pada sekitar 7 – 10 hari setelah ditanam alangkah baiknya penyerangan dilakukan secara rutin pada pagi dan juga sore hari, terutama pada musim kemarau jika dalam kondsi hujan penyiraman tidak perlu dilakukan.

Perawatan pada tanaman buah blewah dapat dilakukan penyulaman jika ada biji yang tidak tumbuh. kemudian bersihkan rumput yang tumbuh disekitar tanaman buah blewah dilakukan pemupukan secara rutin menggunakan pupuk kandang sekitar umur 3 minggu atau dengan pupuk kimia npk dapat dilakukan jika dibutuhkan. untuk memanen buah blewah umumnya tanaman buah buah akan menghasilkan buah yang siap panen pada umur sekitar 3 bulan dari masa penanaman. atau pemetikan dapat dilakukan dengan cara memotong tangkai buah di luar dengan menggunakan pisau. buah kaya kandungan mineral kalium, provitamin a, serat makanan dan vitamin c kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh penyajian fungsi ginjal, blewah juga  menurunkan tekanan darah dan untuk menyembuhkan sariawan. Blewah dapat dengan mudah ditemukan dipasar tradisional sementara buah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian seperti pasar sekolah, warung dan sebagainya. di saat bulan puasa ramadhan penjualan blewah dan timun suri relatif meningkat karena telah menjadi semacam tradisi di indonesia untuk menyediakan minuman buah segar di saat berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *