Sebelum mengerjakan sholat, terlebih dahulu Anda harus mengambil wudhu untuk mensucikan diri. Ada tata cara wudhu dan doanya yang wajib dipahami terlebih dahulu. Harus urut dan tidak boleh terbalik. Kebanyakan orang belum tahu tentang aturan yang benar dan asal mengusap saja. Jika wudhu tidak sah, maka Anda harus mengulangi lagi sampai betul dan sesuai dengan ketentuan agama. Perhatikan urutan cara berwudhu dibawah ini.

  1. Niat sambil membasuh muka

Saat Anda melakukan pembasuhan pertama kali, langsung baca niat sembari tetap mengusap muka sebanyak 3 kali. Doa sebaiknya diucapkan dalam hati agar lebih khusuk.

  1. Membasuh kedua tangan

Basuh tangan dengan air sampai siku secara bergantian kiri kanan sebanyak 3 kali. Lakukan hal ini sambil tetap membaca doa.

  1. Mengusap sebagian rambut

Tata cara wudhu dan doanya harus diperhatikan sebab banyak yang salah kaprah. Yang diusap hanyalah sebagian rambut mulai dari depan tarik ke tengah jadi bukan keseluruhan.

  1. Mambasuh kedua telinga

Basahi kedua tangan kemudian usapkan pada telinga kiri dan kanan sebanyak 3 kali. Bagian ibu jari diputar untuk membersihkan daun telinga.

  1. Membasuh telapak kaki

Ketika mencuci telapak kaki sebaiknya dilakukan bergantian kiri dan kanan sebanyak 3 kali. Basuh hingga mencapai batas mata kaki.

Sebelum melakukan sholat baik wajib maupun sunnah, Anda harus mengambil wudhu terlebih dahulu. Tidak hanya itu, pastikan pakaian yang dikenakan bersih dan tidak terkena hadas. Kondisi tubuh saat beribadah harus suci agar sholat Anda dinyatakan sah.

Tidak hanya saat beribadah, sebelum mengajipun pun dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu. Namun jika Anda sudah wudhu dan yakin belum batal, tidak perlu mengulanginya lagi. Menjaga keadaan suci memang tidak mudah karena banyak hal yang bisa membuat batal.

Semoga dengan adanya info mengenai tata cara wudhu dan doanya yang disebutkan diatas, bisa memberi manfaat kepada Anda agar bisa menghilangkan hadas dengan benar. Bila cara yang Anda lakukan ada yang salah, mulai saat ini lakukan wudhu yang benar agar dapat beribadah dengan tenang karena yakin ibadah Anda diterima oleh Allah SWT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *