Qunut nazilah merupakan salah satu qunut yang sering dibicarakan. Ketika akhir-akhir ini saudara muslim di Palestina sedang dilanda kekacauan dan peperangan, maka qunut yang satu ini sering menjadi pembahasan. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena qunut nazilah merupakan qunut yang dibaca saat sedang ada sebab khusus. Sebab khusus di sini adalah ketika musibah yang besar pada umat Islam. Maka dari itu, ketika saudara Islam di Palestina sedang dalam masa sulit, banyak orang yang menambahkan doa dalam sholat mereka. Seperti apakah Qunut Nazilah itu?

Menurut penjelasan dari berbagai sumber, terdapat kesimpulan mengenai qunut nazilah. Sumber yang dimaksud bermacam-macam, mulai dari imam besar, hadits, dan juga penjelasan dari para kyai yang ada. Langsung aja, inilah penjelasan qunut nazilah.

  • Dilakukan ketika sedang menghadapi musibah besar

Nabi Muhammad SAW mencontohkan qunut nazilah sebagai tambahan doa pada sholat untuk mendoakan saudara muslim yang sedang dizolimi oleh musuh. Ketika itu, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu melakukan qunut selama sebulan penuh dan kemudian berhenti. Berhentinya melakukan qunut nazilah ini ditafsirkan karena yang di doakan sudah dalam keadaan yang aman. Riwayat ini shahih dan telah dijelaskan oleh banyak ulama besar.

  • Batasan Qunut

Melakukan qunut haruslah dibatasi. Maksudnya qunut dilakukan hanya untuk meminta kepada Allah untuk musibah besar dan yang sedang terjadi saja bukan ada tambahan doa lainnya.

  • Bacaan Qunut Nazilah

Seperti apakah bacaan qunut nazilah? Dirangkum dari banyak sumber yang shahih, qunut jenis ini tidak memiliki suatu bacaan yang pasti untuk dilafalkan ketika Iā€™tidal. Rasulullah SAW mencontohkan penggunaan qunut nazilah sebagai doa yang khusus untuk dikirimkan pada suatu kaum, golongan, atau kerabat yang sedang mengalami musibah dan juga diperangi. Karena qunut nazilah dilakukan karena suatu sebab, maka suatu sebab itulah yang menjadi dasar doa yang ditambahkan di dalam sholat.

Itulah tadi penjelasan mengenai qunut nazilah. Bagi Anda meyakini qunut nazilah, perhatikan juga beberapa hal yang tidak dianjurkan. Beberapa hal tersebut antara lain mengusap wajah ketika doa qunut selesai, menambahkan shalawat nabi di akhir qunut, dan juga tidak dianjurkan melaknat keras untuk kaum yang memerangi dalam bacaan qunut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *