Mengurus visa Amerika mungkin menjadi pengurusan visa terpanjang yang sering dialami para pelancong ketika akan bepergian. Biaya pengurusannya lebih mahal, dari segi waktu pengurusannya pun lebih lama. Meski terlihat sulit dan ribet, bukan berarti untuk mendapatkan visa Amerika mustahil untuk didapatkan. Karena berdasarkan pengalaman banyak orang, sekitar 90% warga negara Indonesia sangat memenuhi syarat untuk mendapatkan visa Amerika.

Fakta yang menguatkan jika kamu melakukan langkah-langkahnya dengan benar maka visa Amerika bisa dengan mudah didapatkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu dapatkan untuk mendapatkan visa Amerika Serikat.

  1. Melakukan pembayaran biaya pengajuan visa non imigran

Untuk membuat visa Amerika, kamu diwajibkan untuk membayar biaya visa di muka sesuai dengan jenis visa yang kamu inginkan. Misalnya jika kamu ingin mengajukan permohonan untuk visa B1/B2 (bussines/tourist), maka kamu setidaknya harus menyiapkan dana sekitar $160 atau sekitar Rp 1.840.000 sesuai dengan kurs yang berlaku.

Untuk melakukan pembayaran tidak bisa dilakukan di mana saja. Kamu harus melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk sebagai rekanan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Dan selanjutnya, yang perlu kamu ingat, kamu wajib untuk mencetak pembayaran visanya dengan format yang telah disesuaikan sebelum melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk oleh kedutaan. Dan juga kamu harus perhatikan pula kebijakan biaya ini bisa saja berubah tiap tahunnya.       

  1. Melengkapi aplikasi visa elektronik non imigran

Setelah urusan pembayaran selesai, selanjutnya kamu wajib mengisi aplikasi visa DS 160 secara online. Sebelum mengisi aplikasinya, kamu harus melakukan dua hal berikut. Pertama kamu diminta untuk memilih lokasi tempat kamu mengajukan visa. Di Indonesia lokasinya berada di Jakarta dan Surabaya. Kemudian kamu wajib mengunggah foto digital.

Pastikan untuk fotonya jelas terlihat dari leher ke atas sehingga bisa menunjukkan kondisi wajah selama 6 bulan terakhir.  Selanjutnya kamu klik start an application untuk mendapatkan application ID-nya yang akan digunakan untuk proses pengajuan visa selanjutnya. Dan kamu akan diberikan pertanyaan keamanan pada aplikasi yang bisa kamu pilih sendiri.

sumber: penerjemahlinguist.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *