Setting kamera menjadi  hal yang sangat krusial jika kamu ingin menghasilkan jepretan foto dengan hasil yang bagus. Menurut sewa kamera Jogja, lupa untuk melakukan setting kamera sebelum memotret akan menimbulkan masalah sendiri baik saat pengambilan gambar maupun saat proses editing. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan memperhatikan apa saja setting kamera yang harus diperiksa sebelum mulai memotret.

art editor shots,camera details

Salah satu yang wajib diperhatikan sebelum menekan tombol shutter pada kamera adalah memperhatikan setting white balance pada kamera yang akan digunakan. Sebelum memakai setting yang satu ini perhatikan terlebih dahulu kondisi saat kamu memotret. Ada berbagai macam setting white balance yang tersedia, namun mengatur white balance di posisi auto menjadi hal yang cukup umum untuk dilakukan.

Menurut sewa kamera dslr Jogja, setting kamera lain yang perlu diperhatikan adalah mengaktifkan highlight warning yang ada pada kamera untuk mengurangi kelebihan eksposure. Highlight warning ini menjadi semacam penanda jika terdapat bagian foto yang terbakar alias overexposed. Selain highlight warning yang muncul pada layar LCD, kamu juga bisa melihat pada histogram yang ada di LCD kamera digital untuk mengetahui hal ini.

ISO juga merupakan salah satu setting kamera yang harus diperiksa sebelum mulai memotret. Settingan ISO ini akan mempengaruhi kepekaan kamera terhadap sensor cahaya. Biasanya makin tinggi angka ISO pada sebuah kamera maka makin tinggi pula kepekaan sensornya. Penggunaan setting ISO ini akan berbeda tergantung pada kondisi saat dilakukan pemotretan.

Setting ukuran dan format foto juga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan pemotretan yang akan dilakukan. Selain itu, pastikan juga kartu memori yang ada di kamera memadai jika kamu ingin menjepret foto dalam  jumlah yang banyak. Tak hanya itu, pertimbangkan juga format foto apakah akan memakai JPG atau RAW sebelum menekan tombol shutter kamera.

Mode exposure juga termasuk ke dalam setting kamera yang harus diperiksa sebelum mulai memotret. Baik pada kamera SLR maupun kamera pocket biasanya terdapat beberapa jenis mode exposure yang bisa digunakan meliputi manual, aperture priority, shutter priority, mode program dan beberapa jenis preset yang bisa ditemukan pada kamera digital. Ketahuilah masing-masing fungsi dari mode exposure tersebut agar bisa menggunakannya di saat yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *