Asam lemak omega-3 perlu untuk perubahan saraf serta pandangan bayi. Bentuk omega-3 yang paling berguna yaitu DHA (docosahexaenoic acid) serta EPA (eicosapentaenoic acid). Walau keduanya bekerja bersama didalam badan, tetapi semasing asam lemak itu mempunyai faedah unik sendiri.

EPA bekerja mensupport system kebal badan, kesehatan jantung, serta membatasi tanggapan inflamasi. Di beda bagian, DHA begitu perlu untuk ibu hamil serta menyusui karna berguna untuk mensupport kemampuan system saraf pusat, otak, serta mata.  Selain harus memenuhi semua perlengkapan bayi baru lahir, anda tentu ingin bayi anda mempunyai system saraf pusat, otak, serta mata yang baik, oleh karna itu anda harus rajin mengkonsumsi suplemen DHA sepanjang kehamilan serta menyusui.

Mengkonsumsi DHA Saat Hamil Bagus untuk Perkembangan Otak Bayi Anda

Perubahan Otak Bayi

Satu studi temukan kalau Bunda yang konsumsi suplemen DHA sepanjang kehamilan serta menyusui dapat mempunyai anak yang cerdas. Anak berumur empat th. dapat mempunyai hasil tes inteligensi (IQ) yang lebih tinggi karena nutrisi DHA.

Efek positif mengkonsumsi suplemen DHA oleh ibu hamil serta menyusui juga dikemukakan oleh riset beda, yakni hasil kognitif anak yang meliputi perubahan motorik pada umur 2, 5 th. serta kekuatan perhatian pada umur 5 th..

Beberapa peneliti temukan kalau ibu dengan kandungan DHA dalam darah yang lebih tinggi waktu persalinan mempunyai anak dengan kekuatan memerhatikan yang tinggi dalam dua th. pertama kehidupan mereka. Bahkan juga waktu anak memijak umur 6 bln., kekuatannya untuk berkonsentrasi telah semakin maju dua bln. bila dibanding dengan anak seusianya dari ibu yang mempunyai tingkat DHA rendah. Perkembangan perubahan begini juga tampak pada bayi yang alur makannya meliputi asam lemak esensial DHA dengan berlimpah. Asam lemak ini ada pada Air Susu Ibu (ASI) dan susu formula serta makanan bayi yang telah diperkaya dengan kandungan DHA.

Riset yang lain tunjukkan kalau anak berumur dua th. dari ibu yang konsumsi DHA pada trimester ke-2 serta ke-3 kehamilan, mempunyai score yang lebih tinggi pada tes koordinasi mata serta tangan. Koordinasi mata serta tangan yaitu kontrol terpadu pada pergerakan mata dengan pergerakan tangan, dan pemrosesan input pandangan dalam menuntun tangan untuk dapat menjangkau serta menggenggam sesuai sama koordinasi mata. Koordinasi sekian adalah sisi dari langkah kerja lakukan pekerjaan keseharian, seperti bermain balok kayu, olahraga, buat teh, melempar bola, serta lain-lainnya. Anak dengan koordinasi mata serta tangan yang kurang baik juga akan kesusahan dalam lakukan pekerjaan keseharian.

Perubahan Visual Bayi

Satu riset mengungkap ada hubungan pada konsumsi DHA oleh ibu hamil sepanjang trimester ke-2 serta ke-3 dengan ketajaman visual pada bayi berumur dua bln..

DHA untuk Kehamilan

Omega-3 mempunyai dampak positif dalam mensupport kehamilan yang sehat. Penambahan konsumsi EPA serta DHA sudah dapat dibuktikan bisa menghindar persalinan prematur, turunkan resiko preeklamsia atau darah tinggi pada kehamilan, dan bisa tingkatkan berat lahir bayi. Riset temukan mengenai ada hubungan kuat yang positif pada berat tubuh serta lingkar kepala bayi waktu lahir dengan rutinitas ibu konsumsi DHA, terlebih dimuka kehamilan.

Sayangnya, beberapa ibu hamil alami defisiensi atau kekurangan omega-3 karena alur makan dengan nutrisi yg tidak seimbang. Defisiensi ini diperparah oleh kenyataan kalau wanita hamil jadi kehabisan omega-3 karna janin mengambilnya dari badan Bunda untuk pengembangan system saraf. Omega-3 juga dipakai sesudah melahirkan untuk membuat ASI.

Disamping itu, ibu hamil yang kekurangan omega-3 berkemungkinan hadapi penambahan resiko depresi saat melahirkan. Keadaan masalah mood saat melahirkan ini mungkin saja dapat jadi lebih jelek serta berlangsung lebih awal di waktu Bunda hamil anak selanjutnya.

Berapakah Dosis DHA yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

Walau belumlah ada referensi resmi mengenai berapakah dosis DHA untuk ibu hamil, satu tinjauan riset menyimpulkan kalau ibu hamil serta menyusui memerlukan 200 mg DHA /hari. Sesaat beberapa pakar yang lain mereferensikan mengkonsumsi 300 mg DHA setiap hari untuk ibu hamil serta menyusui.

DHA bisa didapat dari makanan serta suplemen karna badan manusia tidak bisa membuatnya sendiri. Sumber makanan yang memiliki kandungan EPA serta DHA paling baik yaitu ikan salmon, tuna, sarden, teri, serta haring. Sayangnya, ada kecemasan tentang kandungan merkuri didalam beberapa jenis ikan itu. Untuk argumen keamanan, ibu hamil bisa pilih mengkonsumsi EPA serta DHA berbentuk suplemen. Pastikan suplemen dari produsen yang terpercaya serta tersertifikasi. Jauhi suplemen dengan bau serta rasa amis. Jauhi juga minyak ikan dengan penambahan rasa buatan hingga beraroma sangat kuat karna disangka untuk sembunyikan aroma serta rasa amis dari product yang semestinya tidak sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *