Cara Membuat Notula Rapat yang Benar – Notula rapat merupakan sebuah dokumen yang berisi catatan lengkap dalam sebuah kegiatan rapat. Notule rapat sendiri sifatnya resmi sama halnya dengan contoh surat seperti lamaran kerja maupun surat keterangan dan pernyataan dan lainnya. Jadi harus dibuat dengan benar. Orang yang membuat notule rapat disebut notulis, anda yang menjadi penulis harus bisa menjalankan tugas tersebut dengan baik, artinya anda dapat membuat notula rapat yang benar. Untuk contoh notulen rapat sendiri sudah tersedia banyak di internet anda hanya perlu mendownload dan mempeljarinya.

Pada artikel ini, anda akan belajar mengenai bagaimana cara membuat notula rapat yang benar? Seperti yang kita tahu bersama, notula rapat merupakan dokumen wajib yang hampir ada dalam semua rapat baik itu organisasi, karang taruna, kantor perusahaan maupun pemerintahan, intinya rapat termasuk rapat di sekolah baik itu osis maupun pramuka.

susunan notula rapat:

Pembuka, menrupakan kalimat pembuka sebelum kegiatan rapat berlangsung, setelah menuliskan susunan pembuka, anda harus segera mencatat topic isi pembicaraan dan juga mencatat setiap poin pembahasan yang dibahas dalam jalannya rapat dari awal sampai akhir.

Isi, mengisikan setiap pembicaraan penting yang keluar dari mulut semua peserta rapat, anda harus mencatatnya dengan runtut dan tidak boleh sembarangan, karena jika tidak runtut atau urut, maka diakhir nanti anda akan bingung sendiri dengan hasil rapat yang ada nantinya. Karena notula rapat fungsi utama nya adalah sebuah rangkuman untuk menarik kesimpulan dan keputusan setelah rapt selesai

Bagian akhir atau penutup, berisi mengenai daftar peserta rapat diskusi dan tanda tangan dari pihak yang berkait seperti ketua, sekretaris dan seorang notulis rapat tersebut sebagai bukti sah bahwa rapat sudah dijalankan, karena seperti yang saya katakana diatas, notula rapat itu sifatnya resmi, jadi harus dibuat sebaik mungkin tanpa meninggalkan sesuatu isi penting di dalamnya termasuk tanda tangan ini.

Itulah beberapa cara membuat notula rapat yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang akan menjadi notulis rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *