Closed-circuit television (CCTV) atau yang sering disebut video surveillance merupakan sebuah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk mengirim gambar ke tempat tertentu dalam sebuah sistem pengawasan yang terbatas. Tidak seperti TV pada umumnya CCTV ditransmisikan hanya ke tujuan tertentu dan bersifat tertutup /rahasia (closed circuit) baik menggunakan digital atau analog. Penggunaan jenis kamera video apapun dan dimanapun  yang bertujuan untuk mengawasi bisa diartikan sebagai CCTV mulai dari toko,bank,sekolah,rumah sakit,hotel,bandara dan tempat-tempat yang memerlukan pengawasan keamanan lain nya. penggunaan CCTV biasanya dipadukan dengan perangkat DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi untuk menyimpan rekaman event yang dikirim dari kamera CCTV itu sendiri .

Komponen Utama sistem CCTV

Hasil gambar untuk cctv

CCTV merupakan sistem pengawasan terpadu yang memanfaatkan kamera sebagai media input (melihat),selain kamera ada komponen lain yang diperlukan agar sebuah sistem pengawasan terpadu dengan CCTV bisa berjalan dan digunakan

Kamera CCTV

Jenis kamera yang digunakan dalam sistem CCTV merupakan kamera yang telah dirancang khusus agar mudah dipasang dimanapun dan tahan dengan kondisi sekitar objek yang diawasi.

Fungsi :Kamera merupakan komponen yang berdekatan langsung dengan objek yang akan diawasi, dimana kamera akan menerima informasi objek yang diawasi dan meneresukan informasi ke DVR untuk diolah lebih lanjut.

DVR (Digital Video Recorder)

Semua kamera CCTV yang terpasang akan mampir(dikoneksikan) dulu ke DVR ,DVR merupakan otak/pusat dari sistem CCTV(boleh juga disebut sebagai CPU/Komputer nya sistem CCTV)
Fungsi DVR:DVR berfungsi mebagai pengolah Informasi yang diterima dari kamera cctv dan sensor untuk disimpan pada storage (HDD,NAS atau Cloud) atau untuk diteruskan ke sistem monitoring secara digital ataupun analog.
Informasi yang telah tersimpan pada media storage/penyimpan bisa suatu saat diputar ulang untuk melihat kejadian yang telah berlalu.

Media Penyimpan/Storage/Harddisk (HDD,SSD,NAS,Cloud) Khusus CCTV

Informasi kejadian yang diterima oleh DVR yang bersumber dari sensor dan kamera CCTV akan diolah dan disimpan dalam media penyimpan (Harddisk,NAS,Cloud)dengan format tertentu dengan tujuan agar nantinya kejadian lampau bisa diputar ulang dan dilihat sebagai bahan observasi.

Fungsi Storage:

Media penyimpan atau storage device yang bisa berupa

  1. HDD,
  2. SSD,
  3. NAS ataupun
  4. Cloud storage

diperlukan oleh DVR untuk menyimpan informasi yang berasal dari kamera cctv dan sensor yang telah diproses.

Kabel khusus CCTV

Penggunaan kabel pada jaringan sistem CCTV menggunakan kabel khusus jenis coaxial tapi yang telah dilengkapi dengan kabel power yang fungsinya untuk mensupply listrik ke perangkat kamera CCTV agar kita bisa memberi power secara terpusat dan mendistribusikan ke setiap kamera CCTV menggunakan kabel husus (Kabel Data + Power) atau yang sering dikenal dengan kabel RG-59.

Power Supply khusus CCTV

Jika kamu menggunakan kabel khusus untuk CCTV (RG-59) dimana telah disediakan kabel power, maka kamu bisa menggunakan power supply secara terpusat agar lebih mudah dalam pengelolaan dan perbaikan.
Fungsi utama power supply adalam memberi aliran listrik tegangan DC 12v untuk menghidupkan CCTV yang terpasang.Jadi kamu hanya perlu 1 power supply khusus CCTV untuk menyelakan 4 – 16 buah CCTV yang terpasang.

Konektor Khusus CCTV

Untuk menyambungkan kabel dengan kamera CCTV dan DVR diperlukan 2 jenis konektor khusus jual CCTV, yaitu

  • konektor BNC untuk kabel data
  • konektor DC power CCTV.

Komponen Tambahan Sistem CCTV

Komponen atau perangkat berikut ini bukanlah alat yang wajib dimiliki saat membangun sistem/jaringan cctv,namun perangkat tambahan ini dipasang untuk mendukung atau menambah fungsi dari sistem CCTV.

UPS (Uninterruptible Power Supply)

Fungi utama dari UPS adalah untuk menjaga sistem CCTV tetap hidup saat terjadi mati lampu /listrik tidak stabil,UPS telah dilengkapi dengan baterai dan inverter yang mampu menghasilkan listrik saat terjadi mati lampu,namun UPS hanya mampu menahan dalam waktu tertentu yang lamanya ditentukan dari daya UPS dan daya pemakaian sistem CCTV itu sendiri.

Sensor dan Alarm

Perangakat DVR pada CCTV telah dilengkapi dengan panel untuk input sersor dan output untuk alarm,jadi kamu bisa memasang perangkat sensor tambahan untuk memperkuat sistem keamanan klik di sini.

Jaringan LAN dan Internet

Jaringan LAN diperlukan jika kamu ingin mengakses DVR menggunakan komputer,tablet dan smartphone dari local site, dan jika kamu ingin bisa mengakses CCTV kapanpun dan dimanapun kamu bisa memasang jaringan internet.

 Kesimpulan

CCTV merupakan sebuah sistem pengawasan terpadu dengan memanfaatkan kamera untuk media input data(melihat) dan DVR untuk merekam serta komponen lain sebagai pendukung.

Saat kamu ingin membangun/membuat/memasang sistem CCTV sendiri maka kamu harus mempunyai komponen tersebut agar sistem pengawasan dengan CCTV yang kamu buat bisa berjalan dan digunakan sebagaimana mestinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *