Secara umum, terdapat 10 keuntungan atau manfaat memiliki website. Baik secara

  • personal,
  • bisnis perusahaan,
  • atau bahkan lembaga lainnya seperti organisasi, sekolah, instansi pemerintah dan lain sebagainya.

Hasil gambar untuk website design

 

1.                   Mendapatkan Pelanggan Baru

Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri melalui website yang dimiliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari luar negeri.

Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan. Sedangkan untuk mendapatkan kunjungan yang tinggi bagi website, ada banyak cara atau jalan, misalnya dengan cara mempromosikan ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, atau LinkedIn dan memasang promo di berbagai iklan baris.

Atau dengan cara SEO, yaitu dengan mengoptimasikan web tersebut agar bisa tampil di halaman satu google sesuai dengan target keyword yang dibidik. Untuk mengoptimasi / SEO suatu website bisa dikerjakan sendiri bila kita mengetahui tekniknya, namun bila tidak ada waktu lebih baik diserahkan pengerjaan optimasi ke penyedia layanan jasa SEO.

2.                   Media Penjualan Produk ataupun Jasa

Memiliki produk ataupun jasa yang ingin dipasarkan melalui online, kita bisa menggunakan berbagai media sosial untuk media pemasaran seperti Fanpage Facebook, Twitter, Instagram dan diarahkan ke website. Disini website berperan sebagai bangunan toko utama dan media sosial sebagai bangunan pameran produk atau jasa.

Website sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia online. Dengan banyaknya pengguna internet, Perusahaan memiliki peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang besar.Apapun bisnis yang sedang dikerjakan, website adalah tempat yang baik untuk menampilkan produk atau jasa. Masukkan testimoni atau galeri foto hasil kerja untuk meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan.

Perusahaan dapat menunjukan apa yang membuat bisnis berbeda dari pesaing.Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.

Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang ditawarkan.Jika perusahaan memiliki website maka hanya perlu meninggalkan alamat website/website perusahaan di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

3.                   Memperkenalkan Profil Perusahaan

Semakin dikenal profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu ingin jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif. Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin perusahaan tesrbut akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.

4.                   Mempermudah Komunikasi

Melalui website, Kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien, dengan teman-teman, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi malalui website.

5.                   Meningkatkan Kualitas Layanan

Untuk meningkatkan layanan pelanggan, kita bisa memasang fitur yang dibutuhkan di website seperti halaman khusus tanya jawab, artikel yang berhubungan, formulir online, chatting online, dll. Yang menjadikan pelanggan merasa nyaman dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Dengan adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa kita, merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Melalui website kita dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.

6.                   Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan

Melalui website, perusahaan bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.

7.                   Kemudahan Memberikan Informasi

Dengan memiliki website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Akan jauh lebih mudah dan cepat apabila kita memasukkan informasi tersebut di website dibandingkan dengan media cetak biasa tentu akan memakan waktu lama dan biaya yang mahal. Sehingga pelanggan bisa mengikuti perkembangan produk dan informasi perusahaan meski jaraknya sangat jauh.  Sehingga dapat memudahkan pelanggan mendapatkan informasi terbaru hubungi kami.

8.                   Menimbulkan Kesan Lebih Profesional

Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah alasannya perusahaan disarankan memiliki website.

9.                   Bisa Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang memiliki website akan terkesan lebih maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat. Dengan memiliki website, perusahaan tersebut dapat membuktikan konsekuensinya dalam memberikan kemudahan untuk pelanggan yang ingin mencari informasi mengenai perusahaan tersebut atau pun melakukan pembelanjaan secara online. Manfaat website untuk perusahaan ini dirasa akan sangat mengoptimalkan penjualan produk. Karena dengan adanya website, otomatis seluruh masyarakat yang berada di seluruh dunia dapat mengenal perusahaan Anda.

10.             Mencari Partner Baru

Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bersinergi. Nah dengan mempublikasikan perusahaan melalui website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang mengetahui mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan. Dari sana mungkin saja perusahaan bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *