tempat wisata bandung, tempat wisata adat, wisata adat cireundeu

Tempat Wisata Bandung Kampung Cireundeu terdapat di kel Leuwigajah, Kec Cimahi Selatan, Kota Cimahi yg dapat anda akses lewat pintu luar Tol Baros yg terdapat/berada di Tol Padaleunyi. Kampung Cireundeu yang bisa ditempuh kurang lebih 30 minit dr pintu Tol Baros ini tawarkan wisata edukasi yg menarik serta tidak sama dari kebanyakan loh.

Nama kampung Cireundeu berasal dari yg banyak diketemukan di sini yaitu pohon rendeu. Berlainan dari kampung etika yang lain, Warga di tempat wisata Bandung Kampung Adat ini sebagian nya besar bercocok/bertani tanam singkong. Oleh karena itu, warga Kampung Cireundeu tidak mengonsumsi beras menjadi makanan pokoknya, namun rasi yakni kepanjang dri beras-singkong yg mreka hasilkan serta dibuat dikampung Cireundeu.

Bagi anda yg berkunjung ke tempat wisata bandung Kampung Adat Cireundeu pasti juga akan punyai kesempatan buat nyobain Rasi. Tidak hanya berbahan pangan yg berbeda, di tempat wisata bandung Kampung Cireundeu warga mempunyai konsep turun-temurun leluhurnya yg terdiri jadi tiga bagian yakni ;

  1. Leuweung Larangan (hutan-terlarang) yakni hutan yg tidak bisa ditebang pepohonannya dikarenakan bertujuan jadi penyimpanan-air utk warga adat Cireundeu.
  2. Leuweung Tutupan (hutan-reboisasi) yakni rimba yg dipakai buat reboisasi, hutan inibisa digunakan pohon-pohonnya akan tetapi warga mesti menanam kembali dgan pohon yg baru. Luasnya sampaimenjangkau 2 sampai 3 hektar.
  3. Leuweung Baladahan (hutan-pertanian) yakni hutan yang bisa dipakai utk berkebun warga adat Cireundeu. Umumnya ditanami kacang tanah, jagung, singkong, serta umbi-umbian.
tempat wisata bandung, tempat wisata adat, wisata adat cireundeu

Bila anda kebetulan bertandang waktu malam Syura atau Th. Baru Saka Sunda yg umumnya jatuh di bulan Oktober, anda juga akan memiliki kesempatan utk melihat Upacara Syura-an yg dirayakan menjadi sebuah bentuk rasa sukur warga adat atas rahmat dri yg Maha kuasa. Dari mulai pemuka adat, warga seputar serta pemerintah kota datang serta ikut menyemarakkan acara adat/tradisi tersebut .

Bagi anda yg menginginkan mencoba berkunjung ke tempat wisata bandung dgan pengalaman yg berbeda dari biasanya, kami sangatlah menganjurkan utk datang berkunjung ke tempat wisata bandung Kampung Adat Cireundeu. Janganlah lupa menjaga sarana umum serta kebersihan selama disana ya.

Sumber:

www.cimahikota.go.id/

Easytourbandung.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *