Tidak banyak yang tahu kalau Yogyakarta terdapat 2 buah istana yang menjadi kediaman dari raja dan keluarganya. Umumnya masyarakat hanya mengetahui kalau Jogja hanya ada Keraton Yogyakarta Hadiningrat padahal terdapat sebuah keraton lainnya yang juga berdiri di Jogja yaitu Pura Paku Alaman. Kedua keraton tersebut merupakan harta karun bagi pariwisata Jogja yang bila dikembangkan dengan baik akan menghasilkan banyak hal positif bagi pemda dan juga masyarakat sekitarnya. Keraton Yogyakarta dan juga Keraton Paku Alaman menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan budaya Jawa di Jogja dari masa ke masa. Di dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai kedua keraton tersebut.

  1. Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat

Keraton yang pertama adalah Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat yang biasa dikenal dengan sebutan Keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan kediaman dari keluarga raja Yogyakarta mulai dari Hamengkebuwono I hingga Hamengkebuwono X yang saat ini menjabat. Keraton ini merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram Islam yang terbagi dua. Keraton Yogyakarta masih berdiri kokoh dan masih hingga saat ini dan masih berfungsi sebagai kediaman raja dan keluarganya. Sekarang keraton ini telah dibuka untuk umum sehingga wisatawan bisa datang berkunjung dan menyaksikan berbagai macam hal yang ada di dalam keraton.  Sebagai salah objek wisata budaya paling popluer di Jogja, Keraton Yogyakarta selalu ramai di kunjungi wisatawan setiap harinya. Di sini wisatawan dapat melihat bangunan dangan arsitektur bergaya Jawa klasik yang sangat indah dan mempesona. Tidak hanya itu mereka juga dapat berkeliling melihat koleksi-koleksi dari keratonyang disimpan di ruangan-ruangan di keraton ini.

  1. Keraton Paku Alaman

Keraton selanjutnya adalah Keraton Paku Alaman atau terkenal dengan sebutan Pura Paku Alaman. Keraton atau pura ini merupakan kediaman bagi keluarga Paku Alaman dan keturunannya. Mereka mulai mendiami istana ini tahun 1813. Saat ini raja yang memimpin Paku Alaman adalah Paku Alam X. Sama seperti Keraton Yogyakarta, Pura Paku Alaman juga menyimpan banyak cerita dan juga peninggalan-peninggalan yang tidak ternilai harganya. Walau tidak seramai Keraton Yogyakarta, banyak wisatawan yang datang ke keraton ini untuk menikmati keindahan bangunan yang ada. Selain itu mereka juga bisa melihat berbagai macam peninggalan yang disimpan di dalam museum.

Demikian penjelasan singkat kami mengenai keraton yang ada di Jogja. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi objek wisata tersebut bisa rental bus di Jogja jika datang dalam jumlah yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *